Apa itu SIYOLAASMARA ?

Vector

Sejarah Siyolaasmara silahkan Klik https://www.youtube.com/@siyolaasmara

SiyolaAsmara merupakan singkatan dari Sistem Layanan dan Pengelolaan Aspirasi Masyarakat. Aplikasi ini dibuat sebab  Sekretariat DPRD dalam melakukan pendataan dan pencatatan aspirasi hanya dalam bentuk manual pada secarik kertas Selanjutnya Tidak akuratnya data dan dokumen yang dihasilkan dari jaring aspirasi dilapangan,  Sekretariat DPRD sering menjadi limpahan kesalahan atas adannya aspirasi yang tercecer. Sulitnya mempertanggungjawabkan dokumen secara baku atas hasil kerja penjaringan aspirasi yang didapatkan oleh Anggota DPRD.  Masih terdapat data aspirasi yang identitas maupun sumbernya dari masyarakat yang tidak jelas. Adanya aspirasi yang tidak tertata dengan baik khususnya mengenai urusan kewenangan yang berkesesuaian. Sekretariat DPRD tidak dapat menyajikan maupun mensortir dokumen aspirasi yang merupakan kewenangan kabupaten/kota . Adannya pemahaman yang berlebihan oleh masyarakat terhadap aspirasi yang selalu ingin diakomodir tanpa melihat tahapan dan mekanisme usulan. . Adannya inkonsistensi maupun usulan yang berubah ubah terhadap usulan aspirasi Pimpinan & Anggota DPRD hingga pada saat ditetapkan dalam paripurna Pokok-pokok pikiran DPRD serta Kurangnya data dan dokumen pendukung yang menjadi panduan tim penginput pokir dalam melakukan penginputan pada aplikasi SIPD

Tujuan yang dicapai dari Aplikasi Siyolaasmara.id ini adalah terwujudnya sistem pengelolaan aspirasi yang sistematis, terstruktur dan terarah, terukur Berbasis Teknologi Pada Internal Sekretariat DPRD. Terlaksananya Fungsi Fasilitasi aspirasi oleh Sekretariat DPRD yang maksimal.

  Manfaat

1.      Manfaat bagi instansi organisasi

1)  Dari segi proses, mengajarkan kepada sekretariat DPRD bentuk fasilitasi yang baik dan benar dalam Penyusunan Aspirasi yang akan ditetapkan menjadi Pokok-Pokok Pikiran DPRD.

2)  Memudahkan dalam mensortir dan mengiventarisasi aspirasi yang didapatkan secara berkala baik dalam hasil jaring aspirasi reses maupun hasil kunjungan kerja DPRD

3)  Mempermudah akses maupun histori secara digital terhadap tahapan dan muatan aspirasi masyarakat secara berjenjang.

4)  Menyajikan data dokumen baku yang selanjutnya akan ditetapkan dalam rapat paripurna penetapan pokir DPRD.

5)  Memudahkan Sekretariat DPRD dalam melakukan penginputan pokok-pokok pikiran DPRD ke dalam aplikasi SIPD.

6)  Sebagai alat kontrol sekaligus panduan dan pedoman yang dapat dipertanggungjawabkan oleh Sekretariat DPRD dalam menghimpun data apirasi mayarakat.

2.      Manfaat untuk Pemerintah Daerah

1)  Untuk Pemerintah Daerah khususnya Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapppeda) akan mendapatkan Dokumen riil yang disertai by name by address atas hasil penjaringan aspirasi masyarakat yang didapatkan secara langung di lapangan sebagai bahan penunjang inputan Pokok-Pokok Pikiran DPRD guna penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) setiap tahunnya.

2)  Pencapaian akselerasi dalam Mempersiapkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) dan APBD-P tahun berjalan.

3.      Manfaat Untuk Masyarakat

1)  Sebagai media untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan seluruh item aspirasi masyarakat yang diaspirasikan melalui Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

 

2)  Memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap tahapan dan mekanisme penyaluran aspirasi serta standar urusan kewenangan pemerintahan daerah. 

 

Strukture Organisasi